BalaikotaHeadline

Wali Kota Apresiasi Semua Pihak Dalam Penyelenggaraan Pilkada Depok 2024

20
×

Wali Kota Apresiasi Semua Pihak Dalam Penyelenggaraan Pilkada Depok 2024

Sebarkan artikel ini
Komisi II DPR RI, melakukan kunjungan kerja ke Pemkot Depok yang diterima langsung oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris di Ruang Edelweis Gedung Balai Kota Depok, Selasa (17/09/24). (Foto: Diskominfo Depok).

WartaDepok.com – Semua pihak yang terlibat dalam persiapan dan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Depok diapresiasi oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris.

Menurut Wali Kota Depok yang kerap disapa Kiai Idris, pelaksanaan Pilkada bukan sekadar proses memilih pemimpin, tetapi juga langkah penting dalam menjaga martabat kehidupan berbangsa dan bernegara.

Untuk itu, dirinya berpesan pemimpin terpilih harus mampu menerjemahkan visi, misi, serta dasar hukum seperti Undang-undang Dasar (UUD) ke dalam kebijakan yang nyata demi kesejahteraan masyarakat.

“Pemilihan ini tidak hanya soal memilih, tetapi juga memastikan kepemimpinan yang benar-benar memahami dan mengimplementasikan prinsip-prinsip bernegara,” katanya saat menerima kunjungan kerja (kunker) spesifik dari Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI ke Balai Kota Depok, Selasa (17/09/24).

Kiai Idris pun menyampaikan kebanggaannya karena dalam sejarah Pilkada di Kota Depok, pelaksanaan selalu berjalan aman dan damai, tanpa ada insiden besar.

“Alhamdulillah, Pilkada di Depok selalu berlangsung dengan tertib, saya sangat berterima kasih kepada KPU, Bawaslu, Kesbangpol, dan semua pihak yang terlibat atas kerja keras mereka dalam melaksanakan tahapan Pilkada sesuai aturan,” tuturnya.

Selain itu, Kiai Idris menegaskan pentingnya menjaga netralitas, terutama di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga honorer.

Guna memastikan hal tersebut, dia telah mengeluarkan surat edaran yang mewajibkan seluruh ASN dan tenaga honorer menandatangani fakta integritas guna memastikan mereka tetap netral dalam proses pilkada.

“Peran aparat keamanan juga sangat penting untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, tetapi saya yakin Kota Depok akan tetap mempertahankan reputasinya sebagai kota yang aman dan damai selama Pilkada,” tambahnya.

“Saya berharap proses pilkada kali ini berjalan dengan lancar dan damai, seperti yang sudah terjadi di pemilihan sebelumnya,” ujar Kiai Idris.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Depok, Lienda Ratna Nurdiany, menuturkan, berbagai bentuk dukungan telah disiapkan untuk menyukseskan Pilkada Depok.

“Kami sebagai dinas pengampu terus melanjutkan kolaborasi yang baik dengan semua pihak terkait,” ujarnya.

“Persiapan sudah dilakukan secara komprehensif, mulai dari koordinasi dengan penyelenggara pilkada, aparat keamanan, hingga stakeholder lainnya,” jelas Lienda.

Dikatakannya, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok juga telah memberikan dukungan penuh, baik dari segi personel, sarana dan prasarana, hingga dukungan dana bagi aparat keamanan.

Selain itu juga, sosialisasi kepada masyarakat dilakukan secara menyeluruh untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

Terakhir, sambung Lienda, dengan persiapan yang matang dan sinergisitas yang baik antara pemerintah, penyelenggara pemilu, dan aparat keamanan, diharapkan Pilkada Depok 2024 dapat berjalan sukses, aman, dan damai seperti pemilu-pemilu sebelumnya.

“Kami sudah bekerja sama dengan KPU dalam hal sosialisasi. Alhamdulillah, koordinasi berjalan lancar, yang terpenting adalah situasi tetap kondusif dan partisipasi masyarakat terus meningkat,” tandas Lienda.

BACA JUGA:  Lokasi SIM Keliling Depok Hari Ini, Jumat 27 September 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *